#sedikitrangkaiankata 72: Insan Cendekia: Catatanku

Pada tulisan kali ini, saya akan menyalin lalu membagi tulisan-tulisan lama saya di binder atau buku catatan milik saya. Tulisan-tulisan tersebut cukup banyak, maka tidak semuanya saya salin ke sini. Saya akan pilih beberapa yang dapat dibaca oleh Anda (baik yang alumni Icehs atau MAN IC lain, yang masih menuntut ilmu di sana, atau pun Anda yang bukan keduanya)

Semoga dapat menjadi tambahan wawasan mengenai aktivitas kami (para alumni yang dahulu menempuh pendidikan) di madrasah aliyah itu.


Ulasan (review) bulan ke-29 (hari ke-870). 22 April 2017

Sebelas hari yang telah terlewat, saya dan kawan-kawan seangkatan saya masih berkutat dengan rangkaian ujian kedua sebelum terakhir (bagi yang mengikuti SBMPTN), yaitu UNBK (UN Berbasis Komputer). Saya dan dua puluh tiga orang kawanku memilih mata ujian Biologi pada UN, sementara mayoritas yang lainnya memilih mata ujian Fisika, dan minoritas memilih Kimia. Di kelas IPS, hanya satu orang yang memilih mata ujian Sosiologi, yaitu Nailil (kini kuliah di UGM, Jurusan Psikologi).
Sebelumnya kami telah melewati ujian praktik (terdiri atas pentas seni, ujian praktik saintek, ujian praktik bahasa dan ujian praktik olahraga) selama dua minggu, UAM (Ujian Akhir Madrasah) empat hari, UAMBN (UAM Berstandar Nasional + USBN [Ujian Sekolah Berstandar Nasional]) lima hari.

*

Mundur dua tahun.

Ulasan hari ke-225. 17 Maret 2015.

Akhirnya saya benar-benar merasa sangat aktif.

Setelah pembelajaran di kelas X MIPA-3 bersama Pak Agung, guru fisika tercinta kami, dan ulangan PKN tanpa Pak Yus (soalnya hanya esai ._.), saya lanjutkan pembelajaran bersama kawan-kawan Jasmerah (kelas lintas minat sejarah [cat.: ini produk K-13. terima kasih Pak Anies]) dan Pak Ipik tentunya di kelas sebelah (dengan rasa kantuk yang mulai menggelayut, untungnya saya masih bisa bertahan). Amal sudah 'tepar' (tertidur di kelas) saat itu.
KBM akhirnya selesai. Saya merasa level mengantuk saya sudah parah, sampai-sampai saya tertidur bada Ashar di masjid lalu dibangunkan orang sekitar pukul empat sore! Balik ke asrama, ingiiin sekali untuk tidur (tapi kan tidur sore gak sehat, ya), tapi teringat masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Akhirnya setelah dipaksa untuk bergerak, saya menyelesaikan surat acara I-Care.
Malam harinya saya mengumpulkan anak BPH+Koordinator IC Award (catatan: sebuah acara OS-C yang memberikan penghargaan kepada peserta didik IC yang berprestasi pada suatu bidang sesuai penilaian OSIS). Walaupun kurang Ferry dan Tita, alhamdulillah hajatku terselesaikan. Akhirnya, aku dapat beristirahat lebih awal (karena sangat lelah) walau harus meninggalkan rendaman cucian......

Maju setahun.

Ulasan bulan ke-16 (hari ke-480). 29 Januari 2016.

Lewat tiga minggu dari awal semester empat, saya hampir menyelesaikan kesibukan saya di acara di bawah divisi seni dan budaya OS-C, Clip Art (catatan: ajang perlombaan di bidang seni dan budaya). Acara ini lagi-lagi diketuai oleh Hafidz.
Untuk kelas saya (XI MIPA-4), akhirnya tidak semua lomba pada Clip Art tidak ikut. Hanya lomba "Edit Foto" saja yang tidak ikut (karena memang hanya satu kelas saja di antara enam lokal kelas XI dan delapan lokal kelas X yang mengikuti lomba itu). Hampir saja saya membuat kelasku tidak ikut (walk out) dalam lomba Cipta Lagu (yang liriknya dibuat oleh Salsa [kini mahasiswa di Telkom University] kemudian saya yang menggubah aransemennya). Untungnya ada Muflih yang berhasil kuajak mengiringi penampilanku dengan cajon (walau terasa kurang maksimal karena tak ada yang mengiringi lagu dengan gitar).
Saya lega karena tidak seperti saat upacara pembukaan (Opening Ceremony), video upacara penutupan (Closing Ceremony) dapat selesai lebih cepat. Di tangan Azhar (saat ini kuliah di universitas yang sama dengan saya), sebentar lagi videonya akan selesai. Dan besok malam Clip Art dan GAKIC (Gelar Tanding Antar Kelas Insan Cendekia) (catatan: ajang lomba olahraga di Icehs) akan berakhir.

*


Maju sekarang. 30 Juni 2017. Sore hari, di rumah.

Saya bersyukur ketika membaca tulisan-tulisan saya dulu tentang perjuangan saya menempuh pendidikan di Icehs. Sungguh luar biasa. Tanpa rahmat dan kuasa Allah, saya mungkin tak sanggup menyelesaikan dua tahun sepuluh bulan yang extraordinary di Icehs.

Maka, ketika saya menceritakan ini di blog, saya sangat ingat dengan suasana berebut kamar mandi. Apalagi saat ini saya sedang saum/berpuasa, sehingga harus agak cepat sampai masjid agar kebagian tajil berbuka dari kantin. Biasanya pada waktu ini, murattal Alquran sudah terdengar sangat jelas di asrama (apalagi di gedung F, asrama kelas XII putra).

Saya sadar saya belum menyiapkan bukaan hari ini. Cukuplah dulu.

(Saya sangat siap membantu Anda yang ingin lebih tahu tentang MAN Insan Cendekia [khususnya MAN IC Serpong]. Silakan berkorespondensi dengan saya via posel ke mujahidzee<at>outlook.co.id atau via LINE @rifkimujahidzee).

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan dan Kerugian Diplomasi dan Konfontrasi pada Masa Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Siapa itu: Abdulkadir Widjojoatmodjo dan Sultan Abdulhamid II (Sultan Hamid II)